Potret Buruk Pendidikan di Indonesia

Potret Buruk Pendidikan Kita

Akhir-akhir ini kita semua dikagetkan dengan serangkaian kejadian yang menyangkut sepak terjang remaja kita. Belum lama ini, pihak kepolisian Garut, Jawa barat mencokok dua anggota geng motor Brigez yang menjadi tersangka pemerkosaan terhadap seorang gadis berusia 17 tahun.

Di Jakatar, hari Kamis (26/04/2012), usai menjalani ujian nasional (UN), sejumlah pelajar terlibat tawuran massal. Mereka saling serang dengan menggunakan bambu, ikat pinggang berkepala besi, dan senjata tajam lainnya. Tawuran juga terjadi di Cipinang Muara, Duren Sawit. Warga mengejar para pelajar yang hendak tawuran hingga ke arah pemukiman.

Sementara di Jatinegara, warga berhasil membubarkan tawuran yang hampir terjadi. Seorang siswa berhasil diamankan oleh polisi akibat membawa senjata tajam jenis golok di dalam tas.

Miris, sedih, pilu, menghiasi perasaan kita saat menyaksikan berbagai fenomena yang menimpa dunia pendidikan saat ini. Lihat saja fakta kecurangan UN kemarin, Kemendikbud menrima 585 pengaduan kecurangan UN SMA, SMK (mediaindonesia.com,23/4).

Murid-murid semakin “lihai” untuk melakukan kecurangan, sisi lain pengawas tidak terlalu peduli bahkan ditemukan ada yang tidur saat mengawas. Penentuan batas nilai kelulusan menjadikan pihak yang terkait melakukan kecurangan, menghalalkan segala cara demi kelulusan. Fenomena ini selalu kita dengar setiap tahun, seolah menjadi suguhan rutin saat UN. Hal lain yang menyesakkan bagi kita adalah ditemukannya LKS yang berisi cerita vulgar dan tidak layak dikonsumsi oleh pelajar sekolah. Masya Allah.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s